Dewantara, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mengajak kerjasama PT Elex Media Komputindo dalam meningkatkan literasi tentang kemaritiman di masyarakat Indonesia. Khususnya literasi bagi generasi muda dan anak-anak Indonesia.
“Rencananya kita akan mulai ke Labuan Bajo. Itu sekitar 10 judul buku akan kita buat.Tujuannya kepada seluruh khalayak ramai supaya dapat menikmati,” tutur Agung Kuswandono di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (27/8).
Kuswandono menjelaskan setiap judul komik tersebut nantinya akan dicetak sekitar 10 ribu eksemplar. Masing-masing judul akan menggarap tempat-tempat destinasi wisata yang diharapkan dapat berkembang seperti pariwisata di Bali.
Untuk pembiayaan pembuatan dan penerbitan komik, Kuswandono menuturkan akan dibiayai oleh PT Elex Media Komputindo. Sementara pemerintah hanya akan memfasilitasi anggaran untuk tim kreatif komik “Si Juki”.
Di sisi lain, Direktur Utama PT Elex Media Komputindo Wandi S Brata mengatakan buku-buku tentang kemaritiman yang ada selama ini terlalu serius. Akibatnya buku tersebut tidak terserap pasar dan kurang menginspirasi banyak orang.
“Komik Juki dan ikon Juki ini sudah jadi ikon yang populer. Mudah-mudahan dengan ini upaya-upaya literasi kemaritiman, bisa cepat masuk dan menjadi kesadaran semua orang,” ungkap Wandi.
Wandi menjelaskan pihaknya selama ini sudah menerbitkan sekitar 6 ribu judul komik. Dari komik-komik tersebut ada di antaranya yang diperuntukkan bagi bayi yang masih dalam kandungan hingga orang tua. Karena itu, ia menyanggupi jika pemerintah menginginkan membuat komik untuk semua kelompok umur.
Di sisi lain, pembuat komik “Si Juki” Faza Ibnu Ubaidillah yang juga dikenal Faza Meonk mengatakan komik kemaritiman nantinya akan masuk dalam seri “Si Juki” jalan-jalan nusantara. Komik ini akan melengkapi seri komik “Si Juki” jalan-jalan ke luar negeri.
“Yang pertama ke Labuan Bajo. Dan bagaimana marketing, seperti biasa, kalau sudah launching akan melaunching bukunya dan mengundang media. Dan marketingnya, tim Elex Media Komputindo sudah jago banget untuk penyebarannya di toko, promo dan segala macam,” kata Faza Meonk.
Faza menuturkan pertama kali menemukan karakter Juki pada 2010. Faza memberikan karakter kepada Juki sebagai mahasiswa yang nyeleneh, spontan dan anti-mainstream. Komik komedi tersebut kemudian dikembangkan ke berbagai medium dan seri jalan-jalan ke tempat wisata.